timer

Ads

Headline News

Kodim 0604/Karawang Gelar Sosialisasi Benih Kartika Di Lahan Ketahanan Pangan Seluas 7 Hektare

Kodim 0604/Karawang Gelar Sosialisasi Benih Kartika Di Lahan Ketahanan Pangan Seluas 7 Hektare

 

Karawang,Media11Jabar.Com

Salah satu tugas TNI selain mempertahankan negara yakni membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan sebagai aspek ketahanan negara atau teritorial. 

Sebagai salah satunya upaya mewujudkan ketahanan pangan tersebut yakni diselenggarakan Program demontration plot (Demplot) Kodim 0604/Karawang dengan penanaman padi Benih Kartika di Desa Wadas Kecamatan Karawang Barat.

Dandim 0604/Karawang Letkol Kav Makhdum HR menyampaikan,  sebagai salah satu program untuk menstabilkan cadangan pangan dan merupakan program pemerintah pusat dan daerah.

"TNI mempunyai program ketahanan pangan,maka Petani harus sejahtera, Ir Sukarno di tahun 1952 mengatakan Petani adalah Penyangga Tatanan Indonesia,"kata Dandim 0604/Karawang saat memberikan paparan, pada Jum'at 13 Mei 2022.

Dandim 0604/Karawang mempunyai program dengan membuat Demplot untuk menggairahkan para petani di Karawang dan bisa menghasilkan padi yang melimpah.

"Kami ingin Petani harus jadi subjek yang dimulyakan,dengan adanya program ini semoga kedeapan pertanian bisa maju pesat,sehingga bisa surplus dan bisa mengirim padi ke luar daaerah,"ucapnya.

Sementara itu ditempat terpisah H Junaedi Kades Wadas merasa yakin dan bersyukur dengan tumbuh suburnya Tanaman Padi Demplot Kodim 0604/Karawang.

"Melihat tanaman padi ini kami merasa bersyukur dan puas atas tumbuh kembangnya padi ini,karena tidak biasanya tumbuh lebat dan buahnya sangat lebat,"kata Junaedi.

Sebagai pengelola dilahan 7 hektar Junaedi mengaku hasil dari tanaman padi benih Kartika akan sangat menguntungkan  disawahnya.

"Biaya Irit,pohon padinya lebih baik dan dengan pertumbuhan ini yakin di 75 hari dari mulai tanam hingga  panen,"ucapnya.

Kendati demikian Junaedi juga mengungkapakan  adanya kendala masih ada buah padi yang masih hijau karena tanam tambal sulam akibat hama dan Kurangnya tenaga kerja.

"Kekurangan tenaga kerja dilahan 7 hektar ini juga jadi kendala,banyak rumput dan hama keong yang jadi masalah tanaman padi ini,jadi kurang maksimal"tuturnya.

Diakhir statmennya Junaedi berharap dengan hadirnya Demplot Kodim 0604/Karawang terus berkelanjutan dan pemda harus mendukung penuh.

"Jangan sampai menyulitkan petani diantaranya langka dan mahalnya harga pupuk,obat  dan harganya harus stabil,pemda melalui Bulog harus bisa menanggulangi dan tindak adanya permainan tengkulak,"tutupnya.(Red)

Tag

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar